Our Sponsors

Selasa, 15 April 2014

Masjid Baiturrahman Hadiah Allah untuk Umat Manusia di Dunia

Assalama'laikum. 
Sebelum diri ini memulai izinkanlah Senyum Rakyat Aceh menyapa dunia, karena Islam itu damai dan senyum itu indah, dan Agar islamnya membawa kedamaian dan Keindahan , Ayo Memberi senyum pada Dunia.


                Ya Baiturrahman Mosque adalah simbol keteguhan iman rakyat Aceh, kenapa? karena menurutku Seperti iman walau diterpa ombak (cobaan) pun tetap teguh akan keimanannya. ya hampir sepuluh tahun yang lalu Masjid ini menjadi saksi Tragedi petaka bagi rakyat serambi mekkah.

                                      
 (Masjid Raya Baiturrahman)

             Sebelum aku bercerita tentang keindahan Masjid raya ini yang merupakan Salah satu masjid terindah didunia, ada sesuatu hal yang harus aku sampaikan tentang pesan yang tersirat dari Masjid ini yang aku lihat hampir sepuluh tahun silam saat aku kelas 2 SMP di bangkalan Madura.

              26 desember 2004 hari Minggu aku masih ingat betul hari itu, walau saat itu aku sedang ada dimadura, hari itu jam 8.30 tiba tiba hati ini merasa gundah tanpa sebab musabab seperti istilah lainnya perasaanku tidak enak ada sesuatu yang buruk terjadi saat itu tapi entah apa aku tidak tahu.

              Yang aku tahu pada subuh tanggal 27 desember 2004 berita itu marak terjadi di berbagai TV. terenyuh saat itu , anak SMP kelas 2 saat itu tiada henti melihat TV karena bagaimanapun juga Aceh adalah provinsi yang posisinya istemewa di hati ini karena merpakan tanah leluhur. Saat itu aku masih ingat betul tanggal 26 desember 2004 Hujan Turun di Seluruh jazirah islam melayu Nusantara, Seluruh Indonesia, semenanjung Malaya, Singapore , Brunai Darussalam dan Thai Selatan serta Pulau Mindanao Philiphine diguyur hujan Rata. Saat itu hati ini berkata Akankah langit turut menangis melihat keputusan Tuhan ini. saat itu mulut ini berkata Ah Tuhan rasanya tidak adil, kenapa harus Aceh? namun itulah manusia, terkadang suka menjadi Azazil Azazil kecil (Baca : Azazil nama lain dari Iblis saat masih beriman) ,yang merasa sok tahu padahal rencana Allah sangatlah indah. benar, Terkadang Allah mengingatkan umatnya dengan sesuatu yang tidak asyik namun sesatu yang tidak asyik itu ada maksudnya agar asyik.

(Eloknya Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh)

              ya Masjid Baiturrahman Keelokannya bahkan saat semua luluh lantak, pesonanya masih membius siapapun. bahkan aku masih ingat saat aku melihat Tv saat itu beberapa hari pasca tsunami Wartawan asal jepang berkata ;
Nyaman sekali ada disini, rasanya hati ini damai ada disini , Auranya sangat nyaman belum pernah aku merasakan hal ini sebelumnya.
Juga Hal ini diutarakan oleh Jebraw pembawa acara "Jalan-jalan man" episode di Banda Aceh, dia seorang non muslim dan dia berkata :
ini Masjidnya, Bagus sekali, Adem banget gitu. dan disini itu walau cuacanya lagi panas tapi entah kenapa ada didalam masjid itu rasanya ya Adem sekali hati ini.
mau lihat indahnya Baiturrahman ? boleh lihat dibawah ini dan rasakan sensasinya. sudah saya potong dan videonya hanya berdurasi 1 menit 22 detik, setelah lihat video ini saya yakin rekan2 kepengen ke sana.


              Masjid ini juga yang merupakan Simbol dari provinsi nanggroe aceh darussalam, Saat Air Tsunami datang dan Air menghancurkan Segalanya yang dilewatinya Keajaiban terjadi Air yang dijalanan banda aceh yang sangat deras nan mematikan ketika berada di area masjid tiba tiba Airnya sangat tenang mengalir bagaikan disungai yang tenang, bahkan Air yang dijalanan banda Aceh yang tingginya tinggi Abis, Air di Masjid baiturrahman hanya sampai wilayah tangga. tidak masuk ke dalam, dan semua penduduk yang berlindung didalamnya selamat. tidak percaya liat gambar ini :

(Tsuanmi Saat menerjang jalanan di Banda Aceh yang Sangat Deras dan mematikan)

(ketika Tsuanmi Memasuki Area Masjid Raya, tiba tiba kekuasaan Allah terjadi, Air bah menjadi tenang)


        pesan yang bisa aku tangkap dari kejadian saat itu bahwasanya Allah tuhan sekalian Alam mengingatkan para hambanya bahwa masjid itu layaknya hati , jika hatinya selalu digunakan untuk selalu mengingat Allah dan membakar semua yang ada didalam yang tidak berhubungan dengan Allah, Maka hati akan seperti masjid raya baiturrahman , Kokoh dan Sejuk dipandang dan siapapun akan merasa nyaman didalammnya. bahkan ujian yang datang bertubi tubi layaknya derasnya hantaman tsunami tapi jika hati selalu mengingat Allah bahkan cobaan yang sekuat tsunami akan menjadi lemah dan tenang ketika memasuki area hati (masjid) dan menyelamatkan jiwa dari jebakan dunia yang fana. itulah masjid raya pesan dari zaman ke zaman memiliki banyak makna, bahkan menurutku masjid ini juga turut bernama masjid 1000 pesan tuhan pada manusia.

                Pernah dibakar , kemudian dibangun ulang , menjadi Saksi peperangan , tsunami dan perdamaian sungguh banyak pesan yang ditunjukkan masjid ini. dari segala kejadian itu bisa aku ambil hikmah yaitu Pikiran sejati dapat melewati segala kebohongan tanpa harus tersesat, hati sejati dapat mengeluarkan racun kebencian tanpa ada yang terluka, semenjak awal Ego berkembang dalam kehampaan hati, namun berarti untuk kembali pada Allah.

             bukan hanya Indah Arsitekturnya namun juga indah perangai dan pesonanya. Untuk itulah Tidak Afdol rasanya Jika pergi ke Aceh namun tidak ke Masjid raya. 

(Pancuran Air saat Senja menyejukkan Mata di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh)

         kolam kolam yang ada dipelataran masjid seperti tak ubahnya legenda Telaga Alkautsar , menyejukkan mata yang memandang dan turut duduk di bawah pohon masjid raya yang sangat sejuk tidaklah heran jika masjid ini tidak pernah sepi.

           selain itu Arsitektur masjid ini bergaya klasik modern yang sangat elegan. dengan campuran Arsitektur bergaya Mongol, Arab, Aceh, Tiongkok dan Eropa yang sangat menakjubkan bagi siapapun yang melihatnya. 

 (Arsitektur Bagian DalamMasjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh-1 )

 (Arsitektur Bagian DalamMasjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh-2)

(Pintu masuk Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh)

          dan Masjid inilah yang pernah menjadi saksi perdamaian antara GAM dan Pemerintahan INA. sungguh Betul di seluruh rakyat madurapun sering berkata , jikalau kau suatu saat pergi ke masjid baiturrahman berdoa dan beribadahlah dengan khusyuk karena masjid itu adalah masjid yang diberkahi. betapa terkenalnya masjid ini sampai Penduduk Madurapun begitu mengagumi masjid ini.

(Perdamaian GAM-INA di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh)

           dimasjid ini jugalah Hikayat Aceh yang Sangat Indah dikumandangkan oleh raffly (penyair Aceh yang terkenal) Hikayat yang menunjukkan Keteguhan rakyat Aceh. sebelum ditutup inilah Hikayat Aceh yang dinyanyikan raffly di dalam masjid raya yang mendengarnya akupun meneteskan Air mata :

(Rafly saat melantnkan hikayat Aceh di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh)

Hikayat Aceh dari masjid raya baiturrahman :
Salam kepada semua, Salam kepada handai taulan jangan sampai kita lupa Allah yang maha kuasadan selalu bersalawat kepada nabi Muhammad, Rasul Allah. Hormat dari Awal, memohon kebahagiaan dari Allah, Senantiasa berdzikir, menuntut ilmu menjadi Pelajar yang Shaleh atau tekun mencari rezki, demikianlh AMANAH warisan leluhur kami. bahwa TANPA upaya tidak ada keberhasilan. namun dengan berupaya, kendati TIDAK kaya, kami bisa bahagia karena masa senantiasa berganti di masa lalu dan hari ini Saat bingung kami harus sabar Saat Gembira kami harus bersyukur Disitu letaknya kebahagiaan Manusia. Jangan Sombong atau Congkak karena hanya membawa petaka Bertindaklah wajar Sesuai Jati diri dan kemampuan Serasikan Tindakan dan Ucapan jangan Hilangkan Apa yang Ada Atau Mendambakan Apa yang tidak ada Selagi Satu PETAKA belum juga usai, Tibalah petaka yang lain. PETAKA yang tak kunjung habis Walau hanya untuk sesaat Penduduk dunia berdatangan ke Aceh membawa bantuan teruntuk Anak-Anak Kami Ucapkn terima kasih kepada mereka Sekalian dan berkata inilah Aceh.
Dan Satu lagi yang tidak boleh dilewatkan ketika ada di Masjid raya baiturrahman yaitu Menara Modal
siap-siap ya taraaaaaaaaaaaaaaaaaaaa...........................

  (menara modal di Area Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh-1)

                                                 (Menara Modal di Area Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh-2)
          Entah Kenapa menara ini diberi nama menara modal, nama yang menurutku unik, mungkin ini dikarenakan karena dulu Aceh adalah daerah modal bagi NKRI, misalnya Aceh menyumbangkan Modalnya untuk Membeli Pesawar RI 001 buat Pak Sukarno buat jalan-jalan.

         menara ini adalah menara tertinggi di banda aceh yang konon katanya tidak ada yang boleh bangunan yang lebih tinggi dari menara ini. Uniknya lagi ternyata dulu menara ini ternyata ada di tengah jalan namun karena adanya pelebaran halaman masjid raya baiturrahman jadi jalannya digusur, dan masuklah Menara ni di halaman masjid, hehe anehya seumur umur hidup baru pertama kali saya mendengar jalan digusur karena pelebaran bangunan, karena selama ini saya sering mendengar bangunan yang digusur untuk pelebaran jalan. :D

        di atas puncak menara ini kita bisa menyaksikan seluruh kota banda Aceh yang Hijau, Udara tidak banyak polusi dan yang jelas tidak ada macet sejauh mata memandang. indah sekali dan rapi dan tepat dawahnya ada masjid raya baiturrahman yang exotik. mau lihat ini dia.

 (Kota Banda Aceh dari Puncak menara Modal)

Oke, Sekian cerita tentang masjid raya baiturrahman dari saya, Semoga kaki ini sebentar lagi diijinkan untuk pulang dan menginjakkan kaki ke Tanah lon Nanggroe (kampung) Aamiin... Masjid ini sangat berarti bagi Umat islam Dunia bahkan Umat manusia di dunia karena pesan yang selalu tersirat dari zaman ke zaman.

Untuk rakyat Aceh aku persembakan Gambar ini, tentang hakikat Cinta dan Perjuangan dalam keikhlasan ketika Masjid Raya Terbakar oleh kaphe kaphe Ulanda.


(Supported By Veki Nurkholis)

Penulis : Veki Nurkholis S.Kom 
Jl. Kh. Ach. Munif No. 18 Burneh bangkalan, madura


Beranda

35 komentar:

Sebaik-baik tempat di muka bumi ini adalah Masjid. SubhanaAllah...

subhanallah,,,,
itulah kuasa ALLAH yang gag bisa dijelaskan pake nalar...
terbaik pancen buat si penulis

Subhanallah .
ALLAH pasti memberi pertolongan kepada orang yang memperjuangkan agama Allah .

Subhanallah ..
sungguh, “Tempat yang paling dicintai oleh Allah dalam suatu negeri adalah masjid-masjidnya ” (HR. Muslim)

Subhanallah...
Begitu Indahnya masjid Baiturrahman.... sayang cuman bisa lihat fotonya... jadi pengen kesana dan sholat disana :( dan mas vecky yang jadi imamnya :) hehehehe.....

Subhanallah ..
sungguh, “Tempat yang paling dicintai oleh Allah dalam suatu negeri adalah masjid-masjidnya..
semoga kita semua bisa ksana :)

Maha Suci Allah nan maha memelihara,,
Masjid adalah rumah Allah yang akan selalu terjaga,,
Aceh serambi mekkah yang akan selalu menebar pesona,,
Tempat agung sumber menperoleh pahala,,

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Subhanallah,, takjub dg keindahan masjid baiturrahman.
memang benar sebaik-baik tempat yang paling dicintai Allah SWT adalah masjid-masjidnya..
jadi pengen ngajak keluargaku kesana mas.. hehehe

Wah, bagus ini..
semoga tercapai untuk bisa pulang kekampung halaman.. :)

Subhanallah..
jadi terharu baca artikel ini. betapa agungnya kuasa Allah SWT.. buat mas vecky, you're the best...

Subhanallah..
jadi terharu baca artikel ini. betapa agungnya kuasa Allah SWT.. buat mas vecky, you're the best..

Subhanallah...
Speechless.. kagum . luar biasa...
Pengen rasanya berada disana. aamiin :)

masya'Allah :) keren..
Semoga bisa main ke sana :)
Terima Kasih untuk postingannya.. Nice Post.. (y)
TOP deh.. \ (^_^) /

Subhanallah..
Sungguh msjid yg agung.. :)

Subhanallah....
Sungguh indah masjid Baiturrahman
Jadi ingin liburan kesana dan beribadah di dalam masjid tsb ^_^

Subhanallah, jadi pengen kesitu mas... :o
Besok ajak2 ane yak... :D
@zamronihamzah

waw keren .. kamus ft diklatx kesitu ya akh zam :D sebagai sesepuh di kamus ft ,
dan editan profilenya kamus behhh keren mas ... :D
cucok dechh :P

Bagus foto2nya mas
ini sebagai pengingat kpd qt sbgai umat muslim untuk mensyukurinya

artikel yang cukup bermanfaat... jangan lupa posting game gan

subhanallah..
indahnyeeee :) :) :)
semoga kapan^ saya bisa main kesana :) :)
saya suka.. saya suka sekali.. (y)

Tiada rumah yg lebih indah mas...
Syukron, mudah2an bisa sampai kesana.
Nice Posting

Kata masjid terulang dua puluh delapan kali dalam Alquran. Secara bahasa masjid berasal dari kata sajada-sujud artinya patuh; taat; tunduk dengan penuh hormat. Meletakkan dahi, kedua tangan, lutut, dan kaki ke bumi, atau bersujud ini adalah bentuk lahiriyah yang paling nyata dari makna-makna tersebut.

subhanallah ....

subhanallah..maha kuasa Allah swt.
smoga bisa sampai kesana..

Mantap Banget Tulisan ya.
Destinasi Lengkap Aceh cuma Ada di : http://acehplanet.com/

sangat menarik. jgn lupa mampir ya : http://charmingaceh.blogspot.com/2014/04/jangan-ke-banda-aceh.html

(y) keren . . .. :) . sampek ga tau harus komen apa inii :D.... suatu saat pasti bisa kesana :>)

bismillah..
saat saya membaca posting blog ini saya jadi ingat betul kejadian saat itu, dan membuat hati ini menangis..
terimakasih, mas vecki semoga apa yang diinginkan tercapai..
you are the best.. :)

doa aceh untuk sangat kuat islam orang dan masjid melindungi mereka dari kejahatan

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

subhanallah..... bagus bangets masjid ini mas.... ingin rasanya aku kesana dan bersujud menghadap sang ilahi rabby... #terharu bangets #berharap untuk datang kesana
فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ

subhanallah maz,, nggak ada bangunan yang se kokoh selain bangunan masjid rumah allah, , :) :)

< Slotbankbpd.com > Bagi pecinta Slotbankbpd maupun bank indonesia bisa dapat anda rasakan permainan Slot PG Soft . Serta online 24 jam hingga bisa mendapatkan bonus menarik yang bisa anda dapatkan. Akan di bantu kemenangan yang bisa anda dapatkan hari ini

Judi Slot PG Soft Deposit Bank Maluku
Slot Online Deposit Bank Maluku
Situs Slot PG Soft Deposit Bank Maluku
Slot Deposit Bank Maluku
Judi Slot PG Soft Deposit Bank BPD Maluku

Posting Komentar